Friday 18 December 2009

Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum

Kurikulum hendaknya dapat berorientasi dan menyesuaikan diri dengan tuntunan dan harapan yang akan terjadi di masa yang akan datang serta kearah perubahan yang lebih baik. Maka dalam pengembangan atau peningkatannya harus memperhatikan berbagai faktor di antaranya :
  1. Tujuan dan sasaran tujuan pendidikan nasional dalam pembangunan bukan hanya untuk menciptakan golongan elit dan kaum intelektual, melainkan membentuk manusia Indonesia secara utuh melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
  2. Peserta didik merupakan subyek sekaligus obyek pendidikan, oleh karena itu dalam proses pembahasan pendidikan perlu memperhatikan peserta didik, sosial maupun individual.
  3. Seorang pendidik yang profesional, tidak saja harus memiliki kemampuan personal, dan kemampuan sosial.
  4. Isi pendidikan merupakan segala pengalaman yang harus dimiliki oleh peserta didik sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai melalui proses pendidikan, oleh sebab itu isi kurikulum perlu penyesuaian-penyesuaian.
  5. Keberhasilan pendidikan sangat ditentukan oleh kelengkapan fasilitas dan sumber belajar. Hal ini terasa sekali dalam sistem pendidikan dewasa ini. Sehingga fasilitas dan sumber belajar perlu di pertimbangkan.

No comments:

Post a Comment