Friday 18 December 2009

Strategi Pengembangan Kurikulum Madrasah

Reformasi Sekolah memiliki arti yang sangat luas, tidak terbatas pada masalah manajemen saja. Dalam hal ini, sekolah di harapkan mampu menciptakan iklim yang kondusif bagi perkembangan pribadi peserta didik, tidak menjadi lembaga mekanik, birokratik dan kaku, tetapi menjadi sebuah lembaga sosial yang organik, demokratik dan inovatif. Hal inilah yang ingin dilakukan sekolah-sekolah dalam reformasi pendidikan di Indonesia.

Ada hal yang perlu di perhatikan dalam reformasi sekolah yaitu tujuan dan sasaran pendidikan harus membentuk manusia Indonesia secara utuh melalui kegiatan bimbinghan, pengajaran dan latihan bagi masa yang akan datang, peserta didik merupakan subyek sekaligus obyek pendidikan, mendidika merupakan pekerjaan profesional, isi pendidikan merupakan segala pengalaman yang harus dimiliki peserta didik. Oleh karena itu kurikulum perlu penyesuaian-penyesuaian dan keberhasilan pendidikan sangat ditentukan oleh kelengkapan fasislitas dan sumber belajar.

Salah satu cara yang dilakukan pihak madrasah untuk mencapai tujuan pendidikan dengan menciptakan strategi baru untuk peningkatan kurikulum agar hasil akhir peserta didiknya mampu diterima di lingkungan masyarakat sekarang.

No comments:

Post a Comment